Friday, November 12, 2010

Sumber Penghasilan Blogger


Mereka yang berprofesi sebagai blogger hanya diam di rumah berhari-hari.Bahkan berbulan-bulan. Ibarat tseorang pengangguran .Sepertinya nggak kerja tapi kok bisa beli mobil?.Bisa beli rumah dan tanah.Uangnya juga banyak.Sering menjadi pertanyaan tetangga-tetangganya.Apakah Si A memelihara Thuyul?.Memuja? Atau memang warisan kakeknya nggak habis dimakan tujuh turunan? .Boleh saja menduga, asal jangan menuduh.
 Kalau teman Anda tersebut seorang blogger, mungkin pendapatanya berasal dari: Advertising program, RSS advertising, Sponsorship, Program Afiliasi, dan masih banyak lagi.Dan kalau teman Anda bukan seorang blogger, saya tidak tahu asal dari pendapannya. Memang, soal pendapatan jarang orang berani terbuka. Alias sangat rahasia!


 Berikut ini akan saya ceritakan sedikit dari mana sumber pendapatan seorang blogger.

1. Advertising Program
Yang paling terkenal adalah Adsense. Banyak yang bilang kalau ini uang kecil.Alias Receh! Namun jika jumlahnya segunung, pastilah lain bilangnya. Dan semua itu tidak terjadi dalam waktu sekejap mata. Selalu ada proses yang panjang yang melatar belakangi asal receh tersebut.Selain adsense, masih ada juga cara lain, yaitu dengan Chitika’s eMiniMalls, WidgetBucks, Text Link Ads. Azoogle Ads, Intelli Txt, DoubleClick, Tribal Fusion, Adbrite, Clicksor, AdHearUs, Kanoodle, Pheedo, TextAds, Bidvertiser, Fastclick dan Value Click.Dan jangan lupa, cobalah BlogAds juga.

2.RSS Advertising
Tawaran yang satu ini layak kita perhitungkan. Selama ini RSS hanya sebagai “kaki tangan” sebuah blog biar makin dikenali dan di index oleh search engine seperti google,yahoo atau bing. Sekarang tidak lagi. RSS juga punya niat membiayai blog anda.

3.Sponsorship
 Ada banyak sponsor yang mengajak kita menjadi kaya. Ingat, semua tidak berlangsung dalam semalam. Karena menjadi kaya yang dimaksud adalah “Kaya” dalam arti sebenarnya. Apakah itu? Kaya Ilmu dan independen dari segi keuangan.Taruhlah Anda suka kamera. Tentulah Anda akan rela meluangkan waktu untuk kamera. Baik itu dengan membaca bukunya, ikut milis, atau membeli software pengolah video atau foto.Dari hasil investigasi itu, berikanlah pada mereka yang ingin tahu dan ingin belajar video atau foto lewat camera. Karena Anda rajin menulis di blog, dan tidak terasa tulisan anda sudah banyak dinikmati oleh orang banyak termasuk pengusaha kamera.Maka pengusaha tersebut akan menghubungi anda untuk menawari iklan produk kameranya.Terjadilah tawar menawar agar produk kamera itu bisa ikutan dipajang pada blog anda.

4. Program Afiliasi
Ceritanya begini, anda ikutan menjualkan produk perusahaan tertentu.Jika produknya terjual, maka anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut.Jumlah komisinya beraneka ragam. Tergantung dari pihak penyelengara jasa afiliasi tersebut, seperti Amazon, Linkshare, Clickbank dan Commission Junction.Dan masih banyak yang lain.

5.Digital Asset
Makin bertambahnya jumlah blogger yang masih bingung, penasaran, dan bosan, maka munculah berbgai kursus dan seminar bertema mencari uang online. Banyak blogger sukses secara online mengembangkan sayapnya secara offline. Salah satu diantaranya sering mendapat tawaran untuk memberikan seminar, bahkan diangkat untuk menjadi pengajar di sekolah tertentu.

6.Blog Network Opportunities
Links Blogger banyak jenisnya. Biasanya terkenal dengan nama social networking. Semakin sering kita menulis di banyak social networking, sudah barang tentu banyak pengunjung yang tersedot ke situs anda.Kalau tak percaya ,silahkan anda sign in di twitter.Kemudian posting sesuatu disitu, diikuti dengan links situs anda.Kemudian anda periksa pengunjung situs anda. Pasti bertambah. Hal seperti itulah juga berlaku juga di situs-situs lain selain Twitter.Misalnya : facebook dan lain-lain.

7.Business Blog Writing Opportunities
Sudah banyak perusahaan besar dan menggaji staff khusus untuk menjalankan fungsi blogging. Sebab mereka tahu bahwa blog adalah salah satu sarana efektif untuk memasarkan produk.Tetapi ada juga perusahaan yang lebih memilih menggunakan jasa outsourcing.Model outsourcing ini dianggap lebih menguntungkan – secara financial- dibanding harus menggaji karyawan tetap.

8.Non Blogging Writing Opportunities .
Saat ini sudah ada seorang blogger disewa untuk menulis di media offline.Seperti yang dimuat dalam tulisan coup of a column di Washington Post. Ini adalah salah contoh kolom yang diasuh oleh salah seorang blogger. Tentu saja, kualifikasi tulisan harus disukai oleh media tersebut. Atau media tersebut mempunyai tujuan tertentu dengan merekrut sang blogger tadi.

9.Donations
Mungkin masih awam akan hal ini, namun ini sah-sah saja. Anda bisa saja meminta sesuatu kepada orang lain karena anda sudah memberikan sesuatu. Tapi ketulusan tetap nomor di utamakan.Seharusnya“hanya memberi tak berharap kembali”……..Ini cuplikan dari lagu kasih ibu saat saya kecil.Ada banyak web yang terang-terangan memuat kolom donasi. Ambil contoh seperti http://www.wartapersada27.blogspot.com. Dan masih banyak contoh blog yang lain.

10.Flipping Blogs .
Di tahun 2005 yang lalu blog populer dengan nama “Blog Flipping” alias penjualan blog. Sebuah blog bisa dijual, tentu dengan criteria tertentu. Semakin populer dan focus, pasti semakin mahal harganya.Dihargai berapa blog Anda? Jawabannya, belum ada patokan resmi. Sebab blog berkaitan dengan kesukaan seseorang.Pada Tahun 2009 yang lalu juga ada web milik orang Indonesia yang di beli yahoo yaitu “Koprol”.

11.Merchandising
Terkenalnya sebuah blog bisa memberi kebanggaan bagi pengikut / follower-nya. Ini sebuah peluang. Penjualan merchandise bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan pendapatan si pemilik blog. Biasanya, si pemilik blog memajangnya di halaman depan/atas blog mereka. Namun ada juga yang mau menjualkan.

12.Consulting and Speaking
Saya ingin ngobrol dengan salah seorang blogger “besar” . Namanya disebut dimana-mana. Namun untuk ngobrol sama dia, susahnya minta ampun.Sewaktu saya main kerumahnya ada saja alasannya untuk menghindar. Jika memberi tahu cukup singkat dan sering kali cuma dijawab, “silahkan kunjungi blog saya http://www......” 
Setelah saya selidiki ternyata si blogger punya bisnis konsultasi. Istilah buat dia  “konsultan blogger.”Ada yang per jam bisa mencpai angka 200 ribu rupiah. Di luar negeri bisa lebih bombastis lagi angkanya. Ada yang memasang tarif $200 per jam.
 
Anda bisa memilih, apapun caranya selalu perlu belajar,kesabaran dan ketekunan. Jika anda tidak sabar,maka anda akan menjadi sarapan empuk bagi para “pembujuk” untuk mengeruk uang anda. Berbagai macam alasannya ada yang bilang biar SEO – lah, click exchange lah, Dan lain lain.Selamat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. Berubah Kaya . All Rights Reserved